Langsung ke konten utama

Seperti Ini Belajar Efektif Di Rumah & Sekolah Ala Quiper

Ini adalah tips-tips belajar efektif di sekolah dan juga di rumah ala Quiper.com yang bisa kalian terapkan.


1. Rutin belajar tapi sebentar
Jangan paksakan diri kamu untuk belajar dalam waktu yang lama. Setelah seharian otak “mengepul” di sekolah, saat di rumah kamu butuh istirahat juga, kok. Biar efektif, usahakan waktu belajar selalu rutin, misalnya pukul 16.00 selama 25-30 menit saja. Setelah itu, lanjut lagi malam hari pukul 19.00 selama 25-30 menit juga.

Meskipun sebentar, namun upayakan agar waktu 25-30 menit itu benar-benar maksimal untuk belajar. Jika waktu sudah selesai, baru deh kamu boleh main gadget atau istirahat. Bila perlu, pakai stopwatch untuk menghitung waktu belajarmu!

2. Perbanyak latihan soal
Dengan memperbanyak mengerjakan soal, otakmu diasah untuk terus berlatih dan menggali hal-hal baru. Kalau ada pertanyaan baru, tentu saja kamu pun jadi belajar materi baru. Selain bisa memperkaya pengetahuan, latihan soal pun membantu kamu lebih lancar dalam ujian karena sudah sering menghadapi berbagai jenis soal.

3. Mengerti, bukan menghafal
Nah, enaknya lagi di Quipper Video adalah sudah ada rangkuman untuk setiap materi, Quipperian. Quipper Video membantu kamu untuk mengerti materi pelajaran, bukan menghafalnya. Dengan begini, kamu bakalan enak banget belajarnya karena hal-hal yang penting dan sering keluar dalam ujian sudah dirangkum sesederhana mungkin. Untuk itulah, kamu bisa membaca rangkuman dari Quipper Video sampai benar-benar mengerti. Kalau perlu, coba print rangkuman dari Quipper Video supaya kamu bisa mencoretnya dengan stabilo atau ditempel di pintu kamar.

4. Sambil dengarkan musik
Mendengarkan musik juga jadi salah satu cara belajar efektif yang ampuh, lho. Tapi jangan dengarkan musik yang ada liriknya, ya. Cukup alunan musik yang membangkitkan mood seperti musik klasik. Konon, nada-nada dalam musik klasik ini bisa membangkitkan bagian-bagian tertentu supaya otak bisa mencerna lebih baik saat belajar.

5. Diskusi bareng teman
Eits, kalau lagi ngobrol sama teman jangan cuma ngomongin gebetan, ya! Sekali-sekali diskusi bareng teman mengenai pelajaran. Tanyakan mana yang ia enggak mengerti dan coba bantu jelaskan, begitu juga sebaliknya. Dengan membantu memberi penjelasan dan dijelaskan, niscaya pengetahuan kamu pun makin bertambah.

6. Mencatat sambil mendengarkan guru
Nah, mungkin enggak semua guru punya metode belajar yang sama, ya. Ada juga guru yang menjelaskan materi hanya berbicara di depan kelas. Tapi di sinilah kamu bisa mengambil banyak ilmunya. Sambil mendengarkan guru berbicara, kamu juga bisa mencatatnya di buku catatan. Enggak perlu semua ditulis, cukup bagian penting saja. Asyiknya lagi dengan metode belajar ini, kamu bisa memberi pertanyaan kalau belum jelas dan mencatat jawaban sang guru.

7. Gunakan waktu istirahat
Quipperian, istirahat pun penting lho kalau kamu mau menjalani cara belajar efektif. Waktu belajar di sekolah cukup panjang, untuk itu gunakan waktu istirahat kamu sebaik mungkin. Usahakan jangan menggunakan waktu istirahat untuk terus-terusan belajar, ya. Sebab, dengan begitu kamu malah jadi gampang jenuh dan cepat lelah.

8. Istirahat pun penting lho kalau kamu mau menjalani cara belajar efektif. Waktu belajar di sekolah cukup panjang, untuk itu gunakan waktu istirahat kamu sebaik mungkin. Usahakan jangan menggunakan waktu istirahat untuk terus-terusan belajar, ya. Sebab, dengan begitu kamu malah jadi gampang jenuh dan cepat lelah.

Oke, itu adalah beberapa tips belajar efektif yang sangat keren. Untuk membaca lengkpanya, kalian bisa langsung klik link https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/cara-belajar-efektif-dengan-quipper-video/ semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Manfaat Tak Terduga Bagian-Bagian Buah Jeruk Ala Doktersehat

Seperti ini beberapa manfaat buah jeruk untuk kesejatan tubuh ala Doktersehat. Kandungan zat dan gizi yang ada pada jeruk Vitamin C memang merupakan salah satu jenis zat gizi yang paling banyak ada pada buah jeruk. Hal ini membuat buah jeruk bermanfaat untuk kesehatan tubuh berupa peningkatan sistem kekebalan tubuh dan pencegahan terhadap penyakit. doktersehat-jeruk-lemonSelain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan serat, cairan dan antioksidan yang tinggi. Kandungan zat gizi yang ada pada buah jeruk tersebut merupakan kombinasi yang ada pada cukup banyak bagian buah jeruk. Sehingga, kita harus mampu memanfaatkan dan mengonsumsi bagian jeruk yang banyak mengandung zat gizi tersebut. Lantas, apa saja hal bermanfaat yang bisa diperoleh tubuh yang jarang diketahui dari buah jeruk? Beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dari buah jeruk, namun jarang diketahui didapatkan dari bagian-bagian buah jeruk yang jarang dikonsumsi. Bagian-bagian buah ini biasanya disisihka

Manfaat Buah Kiwi untuk Kesegaran Tubuh Ala Alo Dokter

Ada yang pernah mencoba buah kiwi? berikut adalah manfaat buah kiwi terhadap kesehatan tubuh ala Alo Dokter. Rasa kiwi yang manis dan segar menjadikan buah ini populer dijadikan jus dan salad buah. Manfaat buah kiwi ternyata tidak sekadar pemanis sajian, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah sakit. Buah yang identik dengan New Zealand ini memiliki nama latin Actinidia deliciosa. Buah kiwi berasal dari daratan Cina utara dan pada abad ke 20 mulai dibudidayakan di Selandia Baru. Bentuknya menyerupai telur ayam, dengan kulit kusam berwarna cokelat keabu-abuan, dan bulu-bulu halus mengerubungi permukaan luarnya. Sehatnya Manfaat Buah Kiwi untuk Kesegaran Tubuh - Alodokter Dagingnya berwarna hijau atau emas cerah dengan biji-biji hitam lunak yang dapat dikonsumsi secara bersamaan. Rasanya yang lembut, manis, sekaligus sedikit asam membuat buah ini gemar dikonsumsi anak-anak hingga dewasa. Manfaat Kiwi Buah kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah

Manfaat Kopi Ternyata Seperti Ini

Sering dong minum kopi? seperti ini manfaatnya, Minuman wajib masyarakat Indonesia terkhusus di pagi hari ini ternyata punya berbagai macam khasiat lho. Berikut manfaat kopi untuk kesehatan tubuh yang jarang Anda ketahui: 1. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 Beberapa peneliti menunjukan bahwa semakin sering Anda meminum kopi tanpa gula, semakin kecil kemungkinan terkena risiko diabetes tipe 2. Hal itu diperkuat dengan sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine yang melibatkan lebih dari 700 perempuan di tahun 2011. Hasil survei mengatakan, apabila wanita menopause meminum 4 cangkir kopi sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Pada tahun 2009, para peneliti Australia menemukan manfaat kopi untuk mengobati diabetes. Mereka menyatakan bahwa setiap tambahan satu cangkir kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal ‘Archives of Internal Medicine‘. K